Panduan Lengkap Belajar Menulis Bahasa Inggris Untuk Pemula

| | ,

Untuk menguasai bahasa inggris dengan baik dan benar, kita harus mulai belajar menulis bahasa inggris sejak awal. Menulis adalah salah satu skill yang wajib dikuasai semua orang.

Menulis sendiri buat saya bukan sebuah aktivitas yang mudah dilakukan, tanpa persiapan yang baik kita mungkin akan mengalami kesulitan dan bisa berhenti menulis kapan saja.

Untuk menghindari hal itu, saya sudah menyiapkan metode yang tepat dan bisa dilakukan siapa saja dari berbagai tingkatan belajar, tua maupun muda dan tentu saja, gratis.

Dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang:

Daftar Isi hide

Let’s move to the first point

Apa saja yang harus kamu lakukan agar terbiasa menulis bahasa inggris

Untuk menguasai kemampuan menulis ada langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dan membantu proses belajarmu. Setidaknya, langkah-langkah ini membuatmu tetap fokus dan stay on your track.

Di poin pertama ini, saya membagi langkah-langkah nya menjadi tiga bagian: sebelum menulis, saat menulis dan setelah selesai menulis.

Sebelum Menulis

Persiapan sebelum mulai belajar menulis sangat penting untuk dilakukan, di sini kamu akan menyusun rencana-rencana dan menyiapkan segala hal yang kamu butuhkan. Jadi nggak ada gangguan lagi saat mulai belajar menulis nantinya.

Jadi yang harus kamu lakukan sebelum mulai menulis adalah:

Tentukan tujuan

Hal paling utama tentu saja tujuanmu belajar menulis. Sebisa mungkin kamu harus mempunyai tujuan untuk jangka panjang. Misalnya ingin menadapatkan beasiswa kuliah di luar negeri atau diterima di perusahaan internasional.

Tujuan jangka panjang membuatmu tetap fokus dan nggak merasa terbebani saat belajar menulis. Selain itu kamu bisa memiliki semangat yang lebih besar tentunya.

Lalu gimana dengan orang-orang yang nggak biasa menjadi ambisius?

Well, tujuan nggak harus sesuatu yang besar. Tujuan besar memerlukan pengorbanan yang besar, dan nggak semua orang bisa melakukannya.

Untuk kamu yang nggak biasa menjadi ambisius, sesuaikan tujuanmu dengan kemampuanmu. Mulai dengan hal yang kecil dulu pun boleh, seperti kamu ingin bisa menulis menggunakan bahasa inggris lebih cepat, dapat menulis artikel dalam bahasa inggris dan lain sebagainya.

You know yourself so well, just make it possible for you.

Buat jadwal khusus untuk menulis

Menulis membutuhkan dedikasi, nggak bisa dilakukan sembarangan. Saya tahu kamu sibuk dengan kehidupanmu—bekerja dan hal yang lainnya. Tapi kamu nggak bisa mencapai tujuan jika hanya menulis satu kali dalam satu bulan. Ya bisa sih, namun butuh waktu yang lebih lama

Untuk mengatasinya, buat jadwal khusus untuk menulis. Entah itu 10 menit sehari, atau dua sampai tiga jam sehari. Pastikan kamu mengatur jadwal nya sebaik mungkin, dan yang paling penting harus JELAS!

Misalnya kamu ingin menyisihkan waktu 10 menit di sore hari sebelum magrib, tuliskan waktunya dengan jelas. Contohnya seperti ini:

17.30 – 17.40 Latihan menulis

Dengan melakukan hal tersebut kamu bisa belajar disiplin dan mengatur waktu, meskipun hanya sebentar, namun saya yakin pasti bermanfaat. Dan lagi, manajemen waktu adalah dasar dalam belajar menulis.

Tentukan jenis tulisan yang akan kamu tulis

Menulis itu nggak hanya sekedar mengubah ucapan menjadi tulisan, ada yang disebut academic writing atau menulis untuk tujuan akademik—seperti membuat essay atau skripsi, ada juga menulis cerita, lalu menulis berita, menulis untuk hobi dan sebagainya. Sebelum mulai menulis, tentukan jenis tulisannya lebih dulu.

Mengapa harus menentukan tema?

Karena nantinya akan lebih mudah mengetahui apa yang akan kamu pelajari. Saya ambil contoh kamu ingin belajar menulis cerita menggunakan bahasa inggris.

Sebuah cerita, umumnya terdiri dari tiga bagian: pembuka, isi, dan penutup. Maka kamu memutuskan untuk mempelajari bagaimana cara menulis tiga bagian cerita itu dalam bahasa inggris.

Setelah itu lalu tambahkan “pembuka, inti, dan penutup” ini ke dalam jadwal yang sudah kamu buat sebelumnya.

Contohnya seperti ini:

SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Pembuka ceritaInti CeritaPembuka - isi - Penutup Cerita

Dengan adanya jadwal yang tertata seperti itu, kamu juga bisa membaginya menjadi hal-hal yang lebih kecil lagi.

Misalnya selama dua hari ketika bagian belajar menulis pembuka cerita, kamu memutuskan untuk mempelajari opening paragraph yang banyak disukai banyak orang. Kemudian masukan lagi ke dalam jadwal di atas, sehingga menjadi lebih spesifik lagi.

SeninSelasaRabuKamisJumatSabtuMinggu
Pembuka CeritaInti CeritaPenutup CeritaPembuka - Inti - Penutup
Opening ParagraphDialogMenulis KonflikMembentuk KarakterClosing ParagraphMembuat Plot Twist

Jauh lebih teratur kan? Kamu jadi punya target yang lebih spesifik untuk dicapai dengan waktu yang jelas juga.

Siapkan media untuk menulis

Setelah membuat jadwal yang spesifik, selanjutnya kamu bisa mulai menyiapkan media untuk menulis. Kamu bisa menulis dalam media apa saja saat ini, dari buku catatan kecil, ponsel, sampai laptop.

Pilih yang paling nyaman dan mudah dibawa kemana-mana. Atau kamu bisa menyiapkan lebih dari satu media.

Misalnya buku catatan yang bisa dibawa kemana saja agar kamu bisa menulis di mana saja, lalu pindahkan tulisan yang sudah kamu buat di buku catatan ke dalam laptop atau handphone saat kamu senggang.

Karena kamu sibuk dan nggak punya banyak waktu buat menulis, maka menulis di mana saja dan kapan saja adalah jawabannya.

Pelajari aturan dasar yang penting untuk kamu ketahui

Untuk bisa menulis yang baik, kamu harus mengetahui aturan-aturan dasar yang penting. Misalnya penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Bagaimana menggunakan koma (,) atau titik dua (:) atau titik koma (;) dalam tulisan.

Hal ini akan membuat tulisanmu menjadi lebih nyaman untuk dibaca oleh orang lain dan kamu sendiri. Kalau sudah mengetahui dasarnya, kamu pasti tahu bagaimana tulisan yang baik dan nyaman dibaca dengan yang nggak.

Setelah menyiapkan semuanya, sekarang kamu bisa mulai menulis, menuangkan ide-ide dan apa saja yang ada di dalam kepalamu menjadi sebuah tulisan.

Untuk itu sekarang saya akan membahas tentang langkah-langkah yang bisa kamu lakukan selama proses belajar menulis:

Saat menulis

Menulislah sekarang juga!

Persiapan yang kamu lakukan sudah lebih dari cukup, menulislah sekarang juga! Jangan ditunda-tunda, ambil media yang sudah kamu siapkan saat ini juga.

Kamu bisa mulai dengan menulis kalimat-kalimat sederhana terlebih dulu. Dalam dunia tulis-menulis, sebuah paragraf nggak harus berisi kalimat panjang dan rumit, bahkan tiga kalimat pendek pun bisa menjadi sebuah paragraf.

Jadi ya tulis saja apa yang ingin kamu tulis dalam beberapa kalimat sederhana sampai menghasilkan sebuah paragraf. Nanti setelah terbiasa kamu pasti bisa menulis kalimat yang panjang dan kompleks untuk menyusun sebuah paragraf.

Biasanya saat pertama mulai menulis, kamu akan kebingungan apa yang harus ditulis. Kamu punya banyak hal yang ingin kamu tulis, tapi bingung bagaimana mengubahnya menjadi sebuah tulisan.

Untuk kamu yang sedang mengalami hal ini maupun yang belum, saya punya solusinya:

Baca tulisan orang lain sebanyak-banyaknya, terutama yang berhubungan dengan apa yang ingin kamu tulis

Cara terbaik untuk mempelajari sesuatu yang nggak kamu kuasai adalah dengan meniru. Dalam menulis, untuk bisa meniru tulisan orang lain, kamu harus membaca tulisannya dulu. Ya kan?

Jadi mulai lah membaca artikel ataupun buku-buku yang berhubungan dengan topik yang sedang kamu tulis saat ini.It gonna help you a lot, seriously!

Dari proses membaca tersebut kamu jadi tahu apa saja vocabulary yang sering digunakan, bagaimana menyusun kalimatnya, apa saja yang dibahas dan sebagainya.

Tubuhmu secara otomatis akan menangkap hal-hal penting yang kamu butuhkan untuk melengkapi tulisanmu. Coba saja dulu, nanti pasti kamu merasakan perbedaannya.

Start reading immediately when you are writing.

Jadikan kamus sebagai temanmu

Menulis sangat erat kaitannya dengan pembendaharaan vocabulary, jadi mulai sekarang jadikan kamus sebagai temanmu. Dengan kata lain, jangan jauh-jauh dari kamus. Bawa kemana saja kamu pergi.

Untuk berjaga-jaga jika kamu nggak sengaja menemukan kata yang nggak kamu ketahui artinya di suatu tempat. Dengan begitu nantinya kamu jadi lebih banyak mengetahui kosakata bahasa inggris.

Selain itu kamus juga membantumu menemukan kosakata yang tepat serta dapat mewakili pikiranmu, jadi kamu dapat menuliskan apa yang kamu pikirkan dengan lebih jelas.

Jauhi hal-hal yang bisa mengganggu konsentrasi saat menulis

Yang benar-benar harus kamu jauhi saat belajar menulis adalah SMARTPHONE. Karena smartphone adalah musuh terbesar untuk konsentrasimu.

Saya sendiri cukup sering terganggu oleh smartphone ini. Sudah menulis beberapa halaman, lalu istirahat sebentar sambil main hp, eh justru jadi keasyikan.

Jadi mulai sekarang saya biasanya menjauhkan smartphone kalau sedang menulis artikel buat blog ini. Apalagi kalau kamu cukup aktif di media sosial sebelumnya, kamu benar-benar wajib menjauhkan smartphone saat mulai menulis. WAJIB!

Selain itu, silahkan jauhi hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasimu dalam menulis.

Fokus menulis dalam 3 tenses

Iya memang ada banyak sekali tenses dalam bahasa inggris, 16 jumlahnya. Tapi secara garis besar, tenses itu hanya ada 3 saja: past tense, present tense, dan future tense. Di awal-awal masa belajar menulis, fokus saja pada 3 tenses itu.

Jadi tulisan yang kamu buat hanya menggunakan ketiga tenses tersebut, kecuali jika memang kamu harus menulis dalam tenses yang lainnya. Tapi past, present dan future tense sudah cukup meng-cover semuanya kok.

Pelajari grammar

Suka nggak suka, mau nggak mau, kalau ingin belajar menulis bahasa inggris dengan benar, harus mempelajari grammar. Karena written grammar lebih mudah dilihat dan rawan sekali mengundang perdebatan.

Biasanya, para grammarnazi—tukang koreksi grammar—selalu menyerang tulisan dengan grammar yang buruk. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kualitas tulisanmu nantinya. Apalagi kalau kamu nggak bisa mengabaikan para grammarnazi yang ada dimana-mana.

Selain itu, menulis dengan grammar yang benar membuat tulisan mu jadi lebih jelas maknanya. Contohnya penggunaan if conditional yang keliru akan membuat pembaca menjadi kebingungan.

Bahkan kesalahan dalam penempatan tanda baca pun dapat menjadi vatal loh.

Lupakan membenarkan typo atau salah tulis saat menulis

Saya yakin siapa saja pernah, atau bahkan, sering typo saat menulis. Typo dan kesalahan dalam mengetik lebih baik jangan terlalu dipikirkan. Fokus saja menulis sampai selesai, tulis apa yang ada dalam kepala sampai selesai.

Untuk editing bisa dilakukan setelah kamu selesai menulis. Kamu boleh percaya atau nggak sama saya, tapi terlalu sering mengedit typo dan kesalahan ketik saat menulis justru bisa membuat kamu lupa apa yang ingin kamu tulis.

Biarkan saja jari-jarimu menari menuliskan kata demi kata, jangan ganggu ritme-nya!

Sama seperti ketika kamu berbicara, kalau kamu sedang menjelaskan sesuatu pada orang lain lalu ada yang memanggil namamu, kadang-kadang kamu lupa dengan apa yang sedang kamu bicarakan, kan?

So skip typo as hard as you can!

Tulis diary menggunakan bahasa inggris

Yup, diary yang saya maksud adalah buku catatan pribadi yang kamu isi setelah beraktivitas seharian.

Kalau tadi di awal saya meminta kamu menentukan tema tulisan agar kamu lebih mudah belajar dan stay on the track, menulis diary akan membantu kamu untuk lebih lancar lagi dalam menulis.

Tuliskan lagi apa yang sudah kamu lakukan selama satu hari penuh, apa yang kamu alami selama seharian di luar rumah, tuliskan setiap emosi yang kamu lewati hari ini ke dalam diary.

Tulis sebebas-bebasnya, agar nanti kamu merasakan perasaan yang tenang setelah menulis.

Writing, sometimes, heals your pain.

Inti dalam kegiatan menulis yang sebenarnya adalah mengubah pemikiran, opini, dan ide-ide yang ada dalam kepalamu menjadi kalimat-kalimat yang dapat dipahami orang lain.

Dengan kata lain, kamu dapat berbicara pada banyak orang lewat tulisanmu. Pram pernah mengatakan “tidak mungkin berkata seorang pada orang yang banyak, maka menulislah aku. Seseorang yang berkata pada orang banyak”

Selanjutnya, setelah kamu menulis masih ada yang harus kamu lakukan. Tapi nggak terlalu banyak, namun sangat penting untuk dilakukan.

Setelah menulis

Setelah selesai menuliskan isi pikiranmu, lakukan langkah-langkah di bawah ini agar kamu lebih cepat mahir menulis

Jadikan menulis sebagai kebiasaan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membiasakan diri untuk menulis. Biasanya orang yang baru belajar menulis akan mengikuti mood-nya. Kalau mood-nya baik maka menulis, kalau lagi malas yasudah main yang lain saja.

Menulis saat mood sedang baik memang bagus, tapi kalau harus nunggu mood dulu, kapan mulai menulisnya dong? Jadi solusinya, teruslah menulis secaya kontinyu setiap hari sesuai jadwal yang sudah kamu buat.

Tulis meski hanya satu atau dua kalimat. Nanti kamu akan terbiasa dengan sendirinya dan merasa menulis bukanlah hal yang sulit.

Saya pernah membaca di medium.com, ada seseorang yang menulis 10.000 kata setiap harinya. Iya, sepuluh ribu kata, bukan huruf, setiap hari. Coba bayangkan, bagaimana bisa menulis 10.000 kata dalam sehari?

Saya sendiri saat menulis artikel tentang 20 rahasia membaca teks bahasa inggris kemarin, butuh waktu sekitar 8 jam untuk merampungkan tulisan berjumlah 3.000-an kata. Gimana caranya seseorang bisa menulis 10.000 kata dalam satu hari, ya kan?

Lalu apa persamaan antara orang yang menulis 10.000 kata, 3.000 kata dengan kamu yang menulis 3-10 kata sehari?

Persamaannya adalah, kita semua sama-sama mulai dengan sebuah huruf, lalu menjadi kata, setelah itu jadilah frasa dan klausa, kemudian berkembang lagi menjadi kalimat-kalimat dalam sebuah paragraf, paragraf menjadi sebuah tulisan.

Kita sama-sama mulai menulis dengan sebuah huruf, hanya saja ada yang selesai dalam 10.000 kata, 3.000 kata, atau 500 kata, sedangkan kamu mungkin hanya 3-5 kata. Is it ok? Of course, it is sooo normal!

Saya dulu membutuhkan waktu satu hari untuk menulis 2.000 huruf di kaskus, sekarang bisa jauh lebih cepat. Intinya, semakin banyak jumlah kata yang kamu tulis setiap harinya, kamu akan semakin terbiasa menulis.

Tunjukan tulisanmu kepada orang lain

Menulis dapat menjadi hal yang sia-sia jika kamu nggak bisa berkembang. Artinya kemampuan menulismu jalan di tempat. Makanya, saya menyarankan agar kamu menunjukan tulisan itu kepada orang lain.

Minta teman terdekatmu, atau orang tua, atau saudramu untuk membacanya lalu tanya bagaimana pendapat mereka tentang tulisanmu. Apapun yang mereka katakan, jangan dimasukan ke dalam hati. Tapi dijadikan sebagai catatan untuk meningkatkan kualitas tulisanmu.

Disiplin!

Yang terakhir adalah disiplin! Lakukan apa yang sudah menjadi rutinitas ketika belajar menulis setiap hari. Jangan berhenti kecuali kamu benar-benar nggak bisa menulis, misalnya sakit atau ada kepentingan lain yang lebih mendesak.

Disiplin pun akan mempercepat proses belajar yang sedang kamu lakukan lho.

Langkah-langkah di atas adalah langkah umum yang bisa dilakukan siapa saja yang ingin belajar menulis menggunakan bahasa inggris.

Untuk kamu yang benar-benar ingin terjun dan menjadi seorang penulis; untuk kamu yang ingin mencoba membuat karya tulis dengan bahasa inggris; dan untuk kamu yang menyukai tantangan, saya ada beberapa rahasia tambahan yang cukup berguna.

Tips untuk kamu yang tertarik belajar menulis bahasa inggris lebih jauh lagi

Rahasia ini nggak terlalu banyak jumlah, namun sangat mudah diterapkan dan juga bisa dilakukan siapa saja: pemula, beginner, expert, advance, siapa saja bisa.

Tips #1 Gabung Komunitas Menulis

Untuk menjadi seorang yang profesional, kamu harus bergaul dengan orang-orang yang punya ketertarikan yang sama denganmu.

Oleh karena itu, gabung dengan komunitas menulis. Baik itu komunitas online maupun yang ada di daerahmu.

Kamu bisa belajar banyak hal dari orang-orang dalam komunitasmu. Meningkatkan kemampuan menulis serta belajar macam-macam teknik menulis. Yang terakhir tentu saja kamu jadi punya lebih banyak teman.

Tips #2 Belajar Peka Dengan Lingkungan

Mungkin kamu sudah sering mendengar hal ini, baik untuk karya tulis yang menggunakan bahasa indonesia maupun bahasa inggris, hal ini tetap berlaku kok.

Dengan menjadi peka terhadap lingkungan, kamu bisa menemukan ide-ide tulisan yang fresh dan lebih relate dengan kehidupan sehari-hari.

Tips #3 Mencari sinonim kata yang sesuai dengan tema tulisan

Dalam bahasa inggris, ada berbagai macam vocabulary dan itu semua mencakup banyak hal. Untuk membuat tulisanmu lebih berkualitas, menemukan vocabulary yang sesuai dengan tema tulisan adalah poin tambahan.

Misalnya kamu ingin menulis tentang kesehatan, maka kamu harus mengetahui vocabulary yang biasa dipakai dalam dunia kesehatan.

Tips #4 Manfaatkan situs di internet sebagai alat penunjang dalam proses menulismu

Khusus buat kamu, saya bagikan 3 situs yang dapat mendukungmu dalam menulis.

Karena kita bukan native speaker, tentu bukan hal yang mudah untuk menulis dalam bahasa inggris. Untuk menutupi kekurangan tersebut, coba gunakan 3 situs berikut ini:

Grammarly

Saya rasa kamu sudah tahu apa itu grammarly. Tapi buat yang belum tahu, grammarly adalah situs yang dapat melakukan pengecekan pada tulisan bahasa inggris dan mencari kesalahan grammar-nya.

Grammarly bisa kamu gunakan dengan gratis maupun berbayar. Fitur antara grammarly versi gratis dan berbayar tentu saja berbeda. Namun, menurut saya versi gratis pun sudah cukup untuk menunjang kebutuhanmu sebagai penulis kok.

Hemingway app

Jika grammarly adalah situs untuk mencari kesalahan grammar, maka hemingway adalah situs untuk menilai setiap kalimat dan paragraf dalam tulisanmu.

Dalam hemingway ini ada fitur yang memberitahumu apakah kalimat yang kamu tulis termasuk ke dalam kategori mudah/sulit/sangat sulit untuk dibaca.

Dengan kata lain, hemingway app adalah situs yang mencari kesalahan dalam struktur kalimat yang kamu buat.

Artinya, jika kamu gabungkan grammarly dan hemingway app secara bersamaan, kamu bisa menghemat waktu melakukan pengecekan kesalahan dalam hal grammar dan struktur tulisan.

Dan yang terakhir:

Thesaurus

Thesaurus adalah sebuah fitur dalam kamus yang berguna untuk mencari sinonim sebuah kata. Untuk thesaurus, kamu nggak perlu repot-repot mencari situsnya. Karena microsoft office sendiri sudah menyediakan dalam microsoft word.

Caranya: tekan tombol Shift+F7 secara bersama-sama. Nanti akan muncul kolom seperti ini:

source: wikihow

kamu tinggal masukan kata yang ingin kamu cari sinonimnya dan BOOM! Ada banyak sekali daftar sinonim dari satu kata. Tinggal pilih mana yang kamu butuhkan.

Dengan bantuan tiga teknologi ini kamu nggak usah memikirkan tentang grammar maupun struktur atau kosakata yang tepat lagi, yang harus kamu lakukan adalah menulis, menulis, dan menulis. That’s it!

Di bagian selanjutnya, saya akan membahas sedikit tips untuk para orang tua yang ingin mengajari anaknya menulis bahasa inggris sejak kecil. Nggak banyak kok, cuma 4 tips doang. Yuk lanjut~

Tips Belajar Menulis Bahasa Inggris Untuk Anak

Untuk ibu dan bapak yang anaknya punya ketertarikan untuk menulis, saya ada sedikit tips yang bisa membantu perkembangan kemampuan menulis anak anda.

Sebelum anda memutuskan untuk mendaftarkan si kecil ke tempat kursus menulis bahasa inggris, saya kira anda bisa mencobanya lebih dulu.

Tips #1 Dorong anak untuk menjadi lebih peka dengan lingkungan sekitar

Ini bukan hal yang mudah, namun bukan berarti nggak mungkin dilakukan. Melatih kepekaaan anak terhadap lingkungan disekitarnya, bisa diawali dengan mengajak anak menuliskan apa yang dia alami selama seharian bermain di luar rumah.

Minta anak anda untuk menceritakan apa yang menurutnya penting dan dia ingat selama bermain bersama teman-temannya.

Dengan begitu anak anda akan terbiasa memperhatikan lingkungannya dan perlahan-lahan mulai peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

Tapi jangan dipaksakan juga, biarkan saja mereka menulis apa yang mereka ingat.

Atau anda juga bisa mencoba tips yang kedua yaitu:

Tips #2 Biarkan Anak Mengeksplor kreatifitas dan imajinasinya

Kadang ada orang tua yang ingin anaknya untuk menjadi sempurna sesuai dengan apa yang orang tua inginkan, padahal kan nggak begitu.

Dalam proses pembelajaran menulis, saran saya biarkan anak anda mengeksplor kreatifitasnya. Biarkan imajinasinya mengalir seliar-liarnya.

Dengan begitu nantinya anak anda nggak akan kesulitan untuk berpikir kreatif dan mencari ide-ide tulisan yang out of the box.

Tips #3 Dorong anak untuk menjadikan menulis sebagai kebiasaan

Sekali lagi saya ingatkan, menulis adalah sebuah kemampuan yang harus diasah terus menerus, tanpa henti. Kalau anak ibu/bapak benar-benar menunjukan minatnya pada tulisan, dorong dan bantu mereka untuk mempunyai kebiasaan menulis.

Karena jika menunggu sampai mereka dewasa, yang ada nanti malah kesulitan sebab mereka sudah punya dunia nya sendiri dan punya lebih banyak gangguan.

Tips #4 Dampingi Anak Anda Saat Proses Belajar

Dari keempat tips yang saya bahas, ini adalah hal yang amat sangat penting dan wajib anda lakukan. Sebisa mungkin anda meluangkan waktu untuk mendampingi anak anda belajar menulis.

Selain akan mempererat hubungan anda dengan anak anda, hal ini juga bisa membangun kepercayaan diri anak anda. Nggak sedikit penulis yang lebih senang menyendiri dan nggak nyaman saat menulis di dekat orang lain.

Dari seluruh tips yang saya bahas untuk ibu/bapak sekalian, semuanya harus dimulai dengan minat anak anda. Tugas anda adalah mengetahui apa minat anak anda sejak dia kecil dan mendukungnya.

Akhirnya selesai sudah pembahasan tentang metode belajar menulis bahasa inggris. Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk para pembaca info inggris.

Jangan sungkan untuk bertanya maupun memberikan tanggapan di kolom komentar terhadap tulisan-tulisan, topik pembahasan, dan blog ini.

Previous

20 Rahasia Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris Untuk Tahun 2020

PART OF SPEECH QUIZ

Next

Tinggalkan komentar