[Panduan Lengkap] Membuat Cerpen Bahasa Inggris Tentang Liburan

| |

Liburan sekolah sebentar lagi usai, bagaimana liburan kawan-kawan kemarin? Saya yakin pasti seru ya. Nah, biasanya sat pertama masuk ke sekolah lagi kamu harus membuat cerpen bahasa inggris tentang liburan.

Namun apakah kamu tahu gimana cara membuat cerita dalam bahasa inggris?

Cara membuat cerpen bahasa inggris tentang liburan

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu menuliskan semua pengalamanmu saat liburan menggunakan recount text.

Kenapa harus menggunakan recount text? Alasannya karena ricount text adalah jenis text yang bertujuan untuk menceritakan peristiwa yang sudah terjadi.

Selain itu, recount text juga nggak mengharuskan adanya konflik dalam cerita. Artinya kamu nggak harus menceritakan masalah dan penyelesaiannya dalam cerita yang kamu buat.

Cukup ceritakan pengalaman liburanmu secara runut.

Selain itu, struktur text dalam recount text cukup sederhana. Untuk bagian pembuka dalam recount text berisi pengenalan terhadap tokoh-tokoh dalam cerita atau pengenalan lokasi, atau mengenalkan diri sendiri pun boleh.

Sedangkan intinya berisi penjabaran event atau peristiwa dan kejadian yang dilalui oleh tokoh. Terakhir untuk penutupnya berisi kesimpulan dari keseluruhan cerita.

Sebelum mulai menulis, ada dua hal yang harus kamu perhatikan, yaitu:

Gunakan past tense karena kejadiannya ada di masa lampau—artinya sudah terjadi, dan fokus pada satu kejadian saja, dalam hal ini berarti liburanmu.

Kamu bisa menggunakan simple past tense, past continous tense atau past perfect tense dalam ceritamu. Agar lebih memudahkanmu dalam menulis, saya akan membagikan tips yang bermanfaat buat kamu di sini.

Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ya!

Tips untuk menulis cerpen tentang liburan

Tips #1 Siapkan peralatan untuk menulis

Peralatan di sini adalah apapun yang akan kamu gunakan untk menulis. Entah itu buku, pensil, bolpoin, notebook atau malah ponsel.

Usahakan pilih alat menulis yang sering kamu gunakan agar lebih nyaman lagi saat menulis nanti.

Tips #2 Tulis peristiwa berurutan sesuai waktu kejadiannya

Saat menceritakan pengalaman liburan, kamu harus mengurutkan peristiwa sesuai waktu kejadiannya. Kenapa harus diurutkan? Agar lebih enak dibaca dan nggak membingungkan pembaca juga. Tulis secara berurutan dan detail.

Misalnya pagi hari kamu melakukan apa saja, siangnya kamu pergi kemana saja, dan malam harinya kamu makan apa saja. Lebih bagus lagi jika kamu membagi setiap peristiwa tersebut menjadi paragraf yang berbeda.

Contohnya, peristiwa di pagi hari jadi paragraf kedua, yang siang hari jadi paragraf ketiga, untuk yang malam hari jadi paragraf keempat dalam tulisanmu.

Tips #3 Buat outline dan draft

Outline dan draft sangat penting untuk kamu perhatikan. Dua bagian ini dapat membantumu menulis cerita yang bagus dan menarik, serta “sempurna” menurutmu.

Outline adalah catatan tentang poin-poin yang akan kamu ceritakan dalam tulisanmu.

Berikut ini adalah contoh outline:

contoh-outline-tulisan
Contoh outline

Sedangkan draft adalah tulisan “mentah” yang kamu buat sebagai pondasi awal. Karena draft ini adalah pondasimu, maka kamu harus mengembangkannya lagi.

Draft bisa juga disebut sebagai tulisanmu yang belum disempurnakan. Untuk menyempurnakannya kamu harus membaca dan mengedit draft tersebut sampai kamu merasa sudah membuat sebuah tulisan yang “sempurna.”

contoh-draft-tulisan
Contoh draft

Tips #4 Baca kembali tulisanmu atau biarkan orang lain membacanya

Setelah tulisanmu menjadi “sempurna,” sebelum memberikannya pada guru di sekolah coba baca kembali tulisanmu atau berikan pada orang lain dan minta penilaian mereka.

Hal ini bertujuan agar kamu tahu bagaimana penilaian orang lain terhadap tulisanmu. Sangat bagus untuk mengembangkan kemampuan menulismu.

Tips #5 Judul yang menarik

Ini adalah tips terakhir, meskipun kamu menulis untuk menyelesaikan tugas sekolahmu tapi nggak ada salahnya kamu berusaha semaksimal mungkin, ya kan?

Judul yang menarik dapat meningkatkan engagement pada ceritamu. Misalnya makin banyak orang yang penasaran dan ingin membaca tulisanmu.

Nah sekarang kamu sudah mempunyai pengetahuan soal membuat cerpen bahasa inggris tentang liburan, yang perlu kamu lakukan saat ini adalah MULAI MENULIS!

Yup, jangan ditunda-tunda lagi, ambil peralatanmu dan tuliskan pengalaman liburanmu kemarin saat ini juga!

Sebagai penutup, saya akan memberikan contoh cerpen bahasa inggris tentang liburan beserta artinya sebagai referensi untukmu. Good luck guys!

Contoh cerpen bahasa inggris tentang liburan beserta artinya

Contoh cerpen liburan di rumah

Holiday is coming and I don’t have any plan. My father and my mother were busy with their works and I had to stay in the home for two weeks! It was boring in the first time because my friends went to their grandmother’s house or visited the zoo or even went to the beach.

After three or four days I found an exciting activity and made my home-holiday getting funnier. Here’s what I did before. After three days straight doing nothing in my bad I came to realize that my holiday could be beautiful if I did some good activities. So I chose to make some videos about my hobby: playing mobile games.

I created one video per day so I can make sure the quality was good. In the end of my holiday I created 13 videos and uploaded them on Youtube.

Well, it was better than doing nothing for two weeks. However, I hope my next holiday will be the real holidays!

Artinya:

Liburan telah tiba dan aku tak mempunyai rencana apapun untuk liburan kali ini. Ayah dan ibuku sangat sibuk dengan pekerjaannya dan aku harus diam di rumah selama dua minggu. Hari pertama sangat membosankan untukku karena teman-teamnku pergi liburan ke rumah neneknya atau mengunjungi kebun binatang atau bahkan pergi ke pantai.

Setelah tiga atau empat hari liburan sendirian di rumah, aku menemukan aktifitas yang menyenangkan dan membuat liburan di rumahku menjadi lebih seru. Setelah tiga hari berturut-turut tak melakukan apa-apa di atas kasur, aku kemudian menyadari bahwa liburanku sebenarnya bisa menjadi menyenangkan jika aku melakukan beberapa kegiatan yang bermanfaat.

Akhirnya aku memilih untuk membuat beberapa video tentang hobiku yaitu: bermain gim di ponsel.

Aku membuat satu video dalam satu hari jadi video yang ku buat memiliki kualitas yang bagus. Di hari terakhir liburanku, aku membuat 13 video dan mengunggahnya ke youtube.

Setidaknya itu masih lebih baik daripada tak melakukan apapun selama dua minggu. Namun aku berharap liburanku berikutnya dapat menjadi liburan yang sebenarnya.

Contoh cerpen liburan di rumah nenek

This holiday, my parents and I visited my grandmother’s home. We stayed in my grandmother’s home for a week. My grandmother stays in a small town near Yogyakarta.

Her house is located in the middle of the town and it is very beautiful. The house has two bedrooms and a huge garden full of flowers.

She was very happy to see us and each day she cooked something special for us. The weather was very nice. So one day we all went for a picnic to the local tourism destination.

At night I slept in my grandmother’s room, and she told me lovely stories. She not only showed me my father’s pictures when he was young but also narrated many funny incidents about my father and his friends.

I always feel happy to be with her. I wish I could stay with her for a little longer. I left her house with a heavy heart. She too felt sad about us going back. But I promised to go back to her house later.

Artinya:

Libur kali ini aku dan orang tuaku mengunjungi rumah nenek. Kami tinggal di sana selama dua minggu. Nenek ku tinggal di kota kecil dekat Yogyakarta, Jawa Tengah.

Rumahnya berada di tengah-tengah kota dan merupakan rumah yang sangat cantik. Di rumah nenek ada dua kamar besar dan sebuah kebun besar yang dipenuhi bunga.

Nenek sangat senang mendapatkan kunjungan dari kami dan setiap hari dia memasak sesuatu yang spesial untuk kami. Cuaca di sana pun sangat indah. Oleh karena itu kami pergi piknik ke destinasi wisata lokal bersama-sama.

Saat malam hari, aku tidur bersama nenek di kamarnya. Sebelum tidur dia menceritakan sebuah cerita menarik tentang ayahku. Dia tak hanya menggambarkan ayahku saat dia kecil tapi juga menceritakan beberapa cerita lucu tentang ayahku dan teman-temannya.

Aku merasa sangat bahagia bisa menghabiskan liburan bersama nenek. Aku berharap dapat tinggal bersamanya lebih lama lagi. Aku meninggalkan rumah nenek dengan berat hati, nenek pun merasa sedih saat kami tinggalkan. Namun aku berjanji suatu hari aku akan mengunjungi nenek sekali lagi.

Contoh cerpen liburan di kebun binatang

This year our class went to the national zoo in Bogor. When I read the letter from my teacher, I was so happy. The letter said that we will go to the zoo this holiday. The teacher asked me to give the letter to my parents so they will know about the plan.

Everything went so well and we left to the zoo with a very happy heart. This is my first time go to the zoo. I couldn’t stop talking about popular animals in the zoo to my friend.

In the zoo the students was happy seeing peacocks, peahens, rabbits and birds. One of my friend went to the teacher and asked “Are the animal happy in the cage?”

The teacher smiled and answered that she would have the answer in the end of the visit. The teacher asked Andini to not being worry about the animal because they are being taken care by the zoo keeper. Finally, we enjoy our visit again.

We went around and saw so many animals. There were elephants, giraffe, monkeys, gorillas, turtles, fishes, crocodiles, snakes, koalas, pandas and of course tigers.

in the end of the day, we gathered in the auditorium and listened to the General Manager. The seminar was so funny and I couldn’t forget what the manager are talking about.

in the night, we went home and I had a beautiful dream. Maybe I will go to the zoo with my family next holiday.

Artinya:

Tahun ini kelas kami pergi ke kebun binatang nasional di Bogor. Ketika aku membaca surat dari guruku, aku merasa sangat bahagia. Surat tersebut mengatakan bahwa kami akan pergi ke kebun binatang liburan kali ini. Wali kelasku menyuruhku memberikan surat ini pada kedua orang tuaku sehingga mereka mengetahui rencana ini.

Semuanya berjalan lancar dan kami berangkat ke kebun binatang dengan hati yang sangat gembira. Ini adalah kunjungan ke kebun binatang yang pertama kali untukku. Aku tak bisa berhenti membicarakan tentang binatang-binatang yang biasa ada di kebun binatang pada temanku.

Di kebun binatang, semua anak-anak merasa bahagia melihat merak jantan dan betina, kelinci dan burung-burung lainnya. Salah satu temanku mendatangi wali kelas kami dan bertanya “Apa binatang-binatang tersebut bahagia berada dalam kandang, bu?”

Wali kelasku tersenyum kemudian menjawab bahwa dia akan mendapatkan informasi mengenai pertanyaannya di akhir kunjungan. Wali kelasku meminta Andini tak perlu khawatir mengenai binatang-binatang tersebut karena mereka diperlakukan dengan baik oleh para penjaga kebun binatang. Akhirnya kami kembali menikmati kunjungan kami.

Kami berkeliling dan melihat sangat banyak binatang. Ada gajah, jerapah, monyet, gorila, kura-kura, ikan, buaya, ular, koala, panda dan tentu saja singa.

Di akhir kunjungan kami berkumpul di aula dan mendengarkan pimpinan kebun binatang berbicara tentang prosedur perawatan binatang di kebun binatang ini. Seminar tersebut berjalan sangat menyenangkan dan aku tak bisa melupakan apa yang dibicarakan pimpinan kebun binatang waktu itu.

Saat malam hari, kami pulang kembali ke rumah dan aku bermimpi sangat indah. Mungkin aku akan meminta pada ayahku untuk pergi ke kebun binatang di liburan berikutnya.

Contoh cerpen liburan di pantai

On the first day of my holidays, I just stayed at home and watched some movies on Netflix. My family had no plans for this holiday because my father was busy at his office. So I thought my holiday would be boring all the time.

But at the second day, my father came to my room and said “we are going to the beach tomorrow!” and I was surprised of course, I asked my father immediately to make sure the trip was not a joke. He noded and said “of course it is real honey. Go prepare your stuff now!” I smiled at the moment.

My mother, father, brother, sister and I went to the beach at 27 December 2019. I was exciting all the time. I never went to the beach in the last 5 years.

At the beach my family rented a homestay for 3 days. It was a big house and there were so many things in the house of course. The house had a swimming pool, a garden and a gazebo. So all I could say is this house was very very good homestay.

In my first day at the beach we went to the culinary center because my sister wanted to eat seafood and my brother wanted to eat local food. The foods were so delicious until I couldn’t forget the taste of them. I ate so ate a lot of seafood and couldn’t help my self to stop eating. Luckily, I didn’t get fat because of that.

My second day was super funny! We went to the sea and swam from the morning until the afternoon. I bought a new swimming suit and rented a surfing board, it was exciting and I played with the board for a long time.

The last day at the beach, we went to the local zoo and saw so many animals. There were monkeys, birds, deers, tigers, snakes and others animals. My favorite animal was the birds. It had a clean white feather and It was very beautiful for me.

My holiday in this year was the best holiday I ever had. Honestly, I want to go to the beach again someday with my family.

Artinya:

Di hari pertama liburanku, aku hanya diam di rumah dan menonton beberapa film di Netflix. Keluargaku tak mempunyai rencana untuk liburan kali ini karena ayahku sibuk di kantornya. Jadi aku pikir liburanku akan membosankan.

Tapi di hari kedua, ayah datang ke kamarku dan mengatakan “kita akan pergi ke pantai besok!” dan aku tentu saja terkejut, aku langsung bertanya pada ayahku untuk meyakinkan bahwa rencana ini bukanlah sebuah candaan. Dia mengangguk dan berkata “tentu saja sungguhan sayang. Ayo siapkan barang-barangmu sekarang!” Akupun langsung tersenyum.

Aku, ibu, ayah, dan kakakku pergi ke pantai pada tanggal 27 Desember 2019. Aku sangat gembira sepanjang waktu. Aku tak pernah pergi ke pantai dalam lima tahun terakhir ini.

Di pantai, keluargaku menyewa sebuah rumah untuk tiga hari. Rumahnya besar dan ada banyak hal di dalamnya. Ada kolam renang, kebun dan sebuah gazebo di sana. Aku hanya dapat mengatakan bahwa rumah ini benar benar rumah yang sangat bagus sekali.

Hari pertama di pantai kami pergi ke pusat wisata makanan karena kakak perempuanku ingin memakan seafood dan kakak laki-lakiku ingin memakan makanan asli daerah tersebut. Makanannya sangat enak sampai-sampai aku tak dapat melupakan rasanya. Aku memakan banyak sekali seafood dan tak dapat berhenti memakannya. Beruntung aku tak menjadi gemuk setelahnya.

Hari keduaku sangat menyenangkan sekali! Kami pergi ke laut dan berenang dari pagi sampai sore. Aku membeli pakaian renang baru dan menyewa papan selancar, aku sangat gembira dan bermain-main bersama papan selancar untuk waktu yang sangat lama.

Hari terakhir di pantai kami pergi ke kebun binatang setempat dan melihat banyak sekali binatang. Ada monyet, burung, rusa, ular dan binatang yang lainnya. Binatang favoritku adalah burung. Mereka memiliki bulu yang putih dan bersih. Sangat indah untukku.

Liburanku tahun ini adalah liburan terbaik yang pernah aku lewati. Sejujurnya aku ingin pergi ke pantai lagi suatu hari bersama keluargaku.

Sekian pembahasan mengenai pembuatan cepen bahasa inggris tentang liburan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan melalui komentar di bawah. Selamat kembali menjalani aktivitas di sekolah kawan-kawan.

Untuk memudahkanmu membuat cerpen bahasa inggris tentang liburan, kamu harus menguasi past tense verb atau bentuk laampaunya. Cek pengetahuanmu dalam kuis yuk!

Previous

Irregular Verb Kuis

Word Order Kuis

Next

Tinggalkan komentar