Kata Benda Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan Lengkap dengan Contohnya

| |

Kata benda dalam bahasa inggris atau lebih dikenal dengan sebutan noun merupakan part of speech yang wajib dikuasai. Kenapa wajib?

Karena kata benda (noun) mencakup banyak hal dalam bahasa inggris. Artinya banyak sekali hal yang termasuk dalam kata benda (noun) ini.

Contohnya: orang, hewan, benda dan tempat.

Selain itu, noun juga berperan sebagai subjek maupun objek dalam sebuah kalimat. Dengan kata lain, setiap kalimat pasti mempunyai noun.

Jika kamu nggak memahami tentang noun, kamu akan sangat kesulitan mempelajari bahasa inggris.

Dalam kesempatan ini saya akan membahas tentang noun dalam bahasa inggris secara singkat namun lengkap. Jadi siap-siap ya kawan-kawan.

Pengertian Noun (Kata Benda)

Noun adalah kelas kata yang terdiri dari orang (person/people), tempat (places), benda (things), substansi (substance) dan yang lainnya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, setiap kalimat pasti terdapat noun di dalamnya, nah biasanya noun ini berada di awal dan di akhir kalimat.

Selain itu, noun juga merupakan bagian dari noun phrase, serta ada beberapa noun yang berakhiran -ness dan -hood. Misalnya: Beautifulness, childhood.

Untuk lebih memahami noun, kamu juga harus tahu tentang member atau anggota atau jenis-jenis dari noun tersebut.

Lalu apa saja yang termasuk ke dalam Kata benda?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kata benda dalam bahasa inggris terdiri dari beberapa kategori lagi. Jadi ngga terbatas pada orang (people), atau benda (things) saja.

Secara keseluruhan ada delapan kategori yang termasuk ke dalam noun. Berikut ini daftar-daftarnya:

  • People (Orang): Susi, Iqbal, children, father, mother etc.
  • Places (Tempat): School, Jawa Barat, Indonesia etc.
  • Things (benda): Chair, table, book, bottle, etc
  • Animal (hewan): cat, dog, frog etc.
  • Object (objek): car, book, pen, handphone etc.
  • Substance (zat): iron, air, gold, water
  • Action (perbuatan): (a) dance, (the) hits, a race
  • Measure (measure): gram, meter, day

Perhatikan kalimat di bawah ini:

Susi and Iqbal watch TV with their dog in the TV room.

Kata yang ditulis tebal adalah contoh dari noun dalam kalimat.

Sebenarnya noun sangat banyak dan mudah kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Malah bisa saja dari pagi sampai malam kamu menemukan noun lebih dari seratus kali.

Agar kamu bisa lebih paham lagi, coba perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini:

Paul goes to hospital

Indonesia is a huge country

Rudy buy a new pen

Finish your assignment before the match starts on Youtube.

Coba tandai setiap noun yang ada di dalam kalimat-kalimat tersebut untuk melatih pemahamanmu.

Setelah mengetahui member atau anggota atau jenis dari noun, selanjutnya saya akan membahas bentuk noun (kata benda)

Bentuk-bentuk kata benda dalam bahasa inggris

Selain mempunyai lebih dari satu jenis, noun juga terbagi menjadi dua bentuk, yaitu: Singular dan Plural Noun serta Possessve Noun.

SINGULAR NOUN AND PLURAL NOUN

Singular noun atau kata benda dalam bahasa inggris bentuk tunggal menunjukan bahwa jumlah bendanya hanya ada satu (tunggal). Misalnya: one book, one chair, an apple etc.

Sedangkan plural noun atau kata benda jamak menunjukan bahwa jumlah bendanya lebih dari satu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, plural noun biasanya ditandai dengan penambahan huruf “s” dalam setiap katanya. Misalnya: two books, four apples, ten chairs etc.

POSSESSIVE NOUN

Possessive noun biasanya menunjukan sebuah kepemilikan terhadap benda lainnya. Mudahnya begini:

My friend’s car

This is Sulis’ cat

Kamu mungkin pernah merasa kebingungan mencari posessive noun dalam kalimat, namun sebenarnya possessve noun justru amat sangat mudah ditemukan dalam sebuah kalimat loh.

Hal ini dikarenakan selalu ada tanda petik (‘) atau apostrophe dalam possessive noun.

Intinya, saat kamu melihat tanda petik (‘) dalam kalimat, kemungkinan besar itu adalah possessive noun.

Namun, harus kalian ingat bahwa ada peraturan dalam menggunakan tanda petik (‘) tersebut untuk posessive noun. Lihat daftar di bawah ini untuk mengetahui peraturannya:

  • Untuk singular noun yang ngga diakhiri dengan huruf S maka tanda petik (‘) dan huruf “s” nya ditambahkan tepat di akhir kata bendanya. Contohnya: My friend’s car
  • Untuk singular noun dan plural noun yang sudah mempunyai hurus S di akhir kata benda-nya, maka cukup tambahkan tanda petik (‘) setelah huruf S tersebut. Contohnya: Sulis’ house dan students’ book
  • Untuk plural noun yang ngga diakhiri dengan huruf S maka tambahkan tanda petik (‘) dan S di akhir kata bendanya. Contohnya: Men’s choir, children’s toys.

Untuk catatan tambahan: sebisa mungkin hindari menggunakan dua possessive pronoun dalam satu kalimat, dan hindari menggunakan possessive pronoun dalam tulisan yang sifatnya formal.

Macam-macam kata benda dalam bahasa inggris

Jika sebelumnya saya membahas tentang apa saja yang termasuk ke dalam noun, kali ini giliran membahas types of noun atau macam-macam noun.

Ada empat macam noun yang banyak dipelajari orang-orang. Umumnya, noun diklasifikasikan berdasarkan arti-arti dari setiap macam noun yang ada.

Maksudnya, noun pun ada berbagai kategori, maka untuk memudahkan kita dalam memahaminya, kita dapat membedakan noun berdasarkan artinya,

COMMON NOUN AND PROPER NOUN

Common noun adalah noun (kata benda) yang menunjukan atau me-representasi-kan orang (people), tempat (place), dan benda (things) secara umum. Artinya nggak spesifik atau general.

Contohnya: dog, girl, waiter, car.

Proper noun adalah noun (kata benda) yang menunjukan atau me-representasi-kan orang (people), tempat (place), dan benda (things) secara khusus. Artinya lebih spesifik.

Contohnya: Ayu (nama dari seseorang yang kamu kenal)

Persia (nama dari jenis kucing tertentu)

Cianjur (nama dari sebuah kota di Jawa Barat)

Untuk mengetahui proper noun dalam sebuah kalimat, caranya cukup mudah. Ingat hal ini: proper noun selalu diawali dengan huruf kapital.

Perhatikan kalimat di bawah ini untuk membantumu memahami perbedaan antara common noun dan proper noun:

Ari: “She is beautiful”→”she” dalam kalimat ini masih belum jelas. Karena kata “she” masih terlalu luas artinya.

Andri: “Who is she?”

Ari: “She is Ayu, my friend” → sedangkan dalam kalimat ini, Ayu sudah jelas merujuk kepada temannya Ari yang bernama Ayu.

CONCRETE NOUN AND ABSTRACT NOUN

Saya yakin, dari namanya saja kamu sudah bisa membayangkan apa yang dimaksud. Tapi kalau belum pun, nggak jadi masalah, saya pasti akan menjelaskannya kok.

Seperti namanya, concrete noun adalah noun yang bentuknya nyata. Jadi bendanya benar-benar ada alias berwujud.

Yang paling penting, concrete noun merujuk kepada noun yang bisa dirasakan oleh kelima indra kita—dengar, lihat, rasa, dan sebagainya.

Contohnya: car, book, cat, table, etc.

Sedangkan abstract noun adalah noun yang biasanya menunjukan kualitas, atau mutu, atau juga sifat dari sebuah benda yang ngga ada wujudnya di dunia nyata.

Dengan kata lain ngga bisa dirasakan oleh kelima indra kita.

Contohnya: pride, beauty, honesty, speed, faith, height.

COLLECTIVE NOUN

Collective noun menunjukan sekumpulan orang (people), benda (things), dan tempat (places).

Berbeda dengan sebelumnya yang selalu merujuk kepada satu orang, seperti pengertiannya, collective noun mempunyai dua bentuk, yaitu tunggal (single) dan jamak (plural). Misalnya: team, herd, crowd, flock, audience etc.

Contoh kalimatnya bisa dilihat di bawah sini:

single: the jury is announcing its decision.

plural: the jury are announcing their opoinions.

Kata yang ditulis tebal adalah collective noun, sedangkan kata yang ditulis dengan garis bawah adalah contoh dari bentuk collective noun (single, plural).

Lalu bagaimana membedakan keduanya?

Pada kalimat yang pertama, katakanlah ada 3 juri dalam acara Indonesian Idol. Ketiga juri tersebut sepakat untuk meloloskan peserta yang baru saja tampil.

Dengan begitu, para juri tersebut mempunyai satu keputusan yang sama. Artinya, ketiga juri dianggap sebagai satu kesatuan.

Sedangkan pada kalimat yang kedua, ketiga juri tersebut mempunyai opini yang berbeda satu sama lain, sehingga nggak bisa dianggap sebagai satu kesatuan.

COUNTABLE NOUN AND UNCOUNTABLE NOUN

Countable noun merujuk kepada sesuatu yang dapat dihitung. Misalnya: apples, bananas, gitars, chairs etc.

Sedangkan Uncountable noun merujuk kepada sesuatu yang nggak bisa dihitung, dan biasanya berupa benda mati. Misalnya: money, gold, rice.

Dalam uncountable noun ada beberapa kata dan frasa (phrase) yang selalu digunakan atau berpasangan dengan uncountable noun. Berikut ini daftar kata-kata tersebut:

an amount ofa number of
a littlea few
someseveral
lessfewer

Silahkan coba pasangkan antara kata-kata di atas dengan uncountable noun yang saya sebutkan sebelumnya. Setelah itu kamu bisa mencari sumber lainnya di mesin pencari agar lebih memahami tentang noun ini.

Demikian pembahasan mengenai kata benda dalam bahasa inggris kali ini. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan langsung di kolom komentar.

Untuk referensi tambahan kamu bisa mencari buku maupun jurnal-jurnal yang membahas kata benda dalam bahasa inggris atau noun.

Baca juga artikel lainnya yng berkaitan dengan noun:

Referensi:

Childs L. (1998), Grammar Part 1: Part of speech

Dokumentasi pribadi

Previous

[Pembahasan Lengkap] Sentence Element Dalam Bahasa Inggris

Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari Di Lingkungan Sekitarmu

Next

Tinggalkan komentar