20 Rahasia Belajar Membaca Teks Bahasa Inggris Untuk Tahun 2020

| | ,

Ini adalah 20 rahasia belajar membaca teks bahasa inggris yang kamu butuhkan sebagai bantuan untuk menguasai bahasa inggris lebih cepat.

Faktanya, sebagian besar orang yang baru mulai belajar bahasa inggris merasa kesulitan ketika berhadapan dengan kegiatan membaca (reading). Saya yakin semua orang yang belajar bahasa inggris pernah berada dalam fase tersebut.

Namun nggak semua orang berhasil melewati fase itu. Buat kamu yang sedang merasakannya, jangan khawatir karena 20 rahasia yang saya berikan akan mengatasi kesulitanmu.

Suka nggak suka, membaca (reading) adalah salah satu pondasi untuk mengausai bahasa inggris, bahkan mungkin semua bahasa. Dosen saya pernah berkata seperti ini:

“Membaca merupakan proses interaksi dengan bahasa yang sudah diubah menjadi tulisan. Hasil dari proses interaksi ini adalah pemahaman tentang tulisan tersebut. Lebih jauh lagi membaca adalah kemampuan yang sangat berhubungan dengan kemampuan berbahasa secara lisan.”

Jadi membaca bukanlah kegiatan pasif yang nggak membutuhkan banyak energi, lebih dari itu ternyata membaca juga kegiatan aktif yang menyangkut interaksi.

Dalam tulisan ini saya akan membagikan 20 rahasia belajar membaca teks bahasa inggris disertai dengan 6 teknik membaca yang bisa kamu gunakan secara langsung bahkan setelah selesai membaca tulisan ini.

Untuk para orang tua yang kebetulan membaca artikel ini, ibu/bapak bisa mengajari anaknya dengan rahasia ini. Karena rahasia ini dapat menjangkau semua kalangan, dari pemula sampai master, untuk anak kecil maupun orang dewasa.

It’s worth to try even for yourself

Rahasia belajar membaca teks bahasa inggris

Saya belajar bahasa inggris selama 5 tahun di kampus dengan perjuangan yang nggak mudah. Karena nggak punya background kemampuan bahasa inggris sebelumnya, saya harus memutar otak untuk mencari cara yang tepat untuk mengejar ketertinggalan dari teman-teman yang lain.

Rahasia ini adalah salah satu cara yang saya temukan dan praktekan selama 5 tahun berturut-turut untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Syukur alhamdulillah, ternyata sampai sekarang saya sudah sangat terbiasa membaca teks bahasa inggris, akademik maupun non-akademik.

Saya membagi rahasia ini ke dalam 3 bagian yaitu: before reading atau sebelum mulai membaca, while reading atau ketika membaca, dan after reading atau setelah membca.

Before reading

Hal-hal yang saya masukan ke bagian before reading adalah segala hal yang perlu disiapkan dan dilakukan sebelum kegiatan membaca dimulai.

Ini berguna untuk: menghindarkan kamu dari gangguan selama proses membaca, mempermudah kamu dalam memahami bacaan, dan membuat apa yang kamu lakukan (membaca) mejadi lebih efektif dan bermanfaat.

Temukan Motivasi Untuk Mulai Membaca

Motivasi adalah hal yang penting, karena dengan motivasi yang kuat kamu nggak akan kehilangan semangat maupun merasa goyah di tengah-tengah proses belajar.

Selain itu, motivasi adalah hal kedua yang bisa mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu yang baru. Tanpa motivasi yang kuat, bahkan kamu akan merasa berat untuk menyelesaikan satu paragraf saja.

Sebagai pancingan, saya akan menanyakan satu pertanyaan buat kamu. Apakah kamu mau kemampuan bahasa inggrismu sampai di situ saja?

Kalau jawabanmu tidak, maka mulai belajar membaca dari sekarang.

Membaca nggak sesulit yang kamu bayangkan kok, pun nggak semembosankan yang kamu pikirkan. It’s fun to do, indeed.

Tentukan tujuanmu belajar membaca bahasa inggris

Setelah menemukan motivasi yang tepat, barulah kamu dapat menentukan tujuanmu belajar membaca.

Misalkan kamu punya motivasi ingin menguasai bahasa inggris lebih dari teman-temanmu, dan tujuanmu belajar membaca tulisan bahasa inggris adalah untuk lebih mudah memahami pelajaran-pelajaran bahasa inggris.

Motivasi dan tujuan saling berhubungan satu sama lain dan sama-sama penting sebelum mulai membaca. Selain itu tujuan membaca juga dapat menentukan bagaimana caramu belajar membaca ke depannya.

Secara umum, tujuan membaca dalam bahasa inggris dibagi menjadi dua yaitu:

  • Menambah vocabulary
  • Mengasah kemampuan untuk memahami teks dalam bahasa inggris

Seperti yang saya bilang sebelumnya, masing-masing punya cara untuk memenuhinya. Tapi tenang saja, rahasia yang saya susun ini sudah mencakup kedua tujuan tersebut.

Jadi intinya, dengan rahasia ini kamu bisa menmbah vocabulary sekaligus mengasah kemampuan memahami untuk teks bahasa inggris secara bersamaan.

Nothing is impossible, right? Remember that when there is a will there is a way!

Ketahui cara mengucapkan semua huruf alfabet dalam bahasa inggris

Apa hubungannya membaca dengan pengucapan semua huruf alfabet? Jelas berhubungan sekali, dong.

Untuk membaca dengan lancar dan nyaman, kamu harus bisa, minimal, mengucapkan apa yang kamu baca sehingga nggak ada tuh nanya-nanya “duh ini bacanya gimana ya?” “kok gak nyaman ya bacanya?”

kamu nggak harus bisa mengucapkan huruf alfabet dengan sempurna, cukup ketahui saja bagaimana cara membaca setiap hurufnya. Misalnya huruf a dibaca ei seperti dalam “apple,” dan dibaca e pendekseperti dalam “a book”

Ini bisa membantumu menjaga fokus dan kecepatan membacamu loh, serius.

Manfaatkan waktu terbaikmu untuk membaca

Waktu terbaik di sini adalah saat di mana kamu sedang merasa ingin membaca, pikiranmu tenang, badanmu fit, dan yang terpenting kamu sedang mempunyai waktu luang.

Untuk seseorang yang belum terbiasa membaca, memanfaatkan waktu terbaik dapat membuatmu lebih cepat menyerap informasi yang ada di dalam teks.

Silahkan coba kalau nggak percaya hehe

Cari tempat yang nyaman

Sebenarnya untuk masalah tempat nggak terlalu penting, karena membaca bisa di mana saja. Entah itu di kereta, mobil pribadi, tempat makan, atau bahkan di kantor.

Namun itu hanya berlaku untuk orang-orang yang sudah terbiasa membaca tulisan bahasa inggris. Buat orang-orang yang baru belajar membaca, tempat yang nyaman adalah hal yang harus diperhatikan.

Kamu pasti nggak mau dong saat membaca terus terganggu dengan hal-hal kecil seperti tempat duduk yang nggak nyaman atau banyak orang yang lalu lalang?

Always choose the better place for better output!

Pilih teks, tulisan, buku, atau novel yang mempunyai level paling mudah serta sesuai dengan minatmu

Saya pernah merasa malas membaca buku bahasa inggris karena harus membaca buku-buku untuk anak kecil.

Dulu di kelas, saya diajarkan untuk membaca buku bacaan bahasa inggris untuk kelas 1 sampai 6 SD sebelum mulai membaca jurnal maupun buku-buku materi perkuliahan.

Saya yang memang senang membaca novel bahasa indonesia merasa mampu kalaupun harus langsung membaca novel bahasa inggris.

Tapi setelah dicoba, ternyata nggak bisa begitu. Meskipun kamu hobi membaca novel/buku bahasa indonesia, saat belajar membaca buku bahasa inggris lebih baik mulai dari bacaan yang tingkat kesulitannya paling rendah.

Misalnya majalah untuk anak TK, atau buku cerita untuk anak usia 6-12 tahun, bahkan kamu bisa mulai dengan membaca postingan media sosial, quotes bahasa inggris, ataupun komik.

Kamu tau Sascha Stevenson? Bule yang sudah lama tinggal di Indonesia itu dulu mulai belajar bahasa Indonesia lewat majalah anak-anak BOBO. Iya serius, dia sendiri yang bilang di kanal youtube-nya.

Membaca dari bacaan yang paling mudah bertujuan untuk meningkatkan vocabulary dan membangun kebiasaan membaca dalam dirimu dulu. Jadi kamu nggak cepat merasa bosan bahkan malas membaca.

Faktanya, orang yang baru belajar bahasa inggris cenderung menyerah ketika menemukan kata yang nggak diketahui artinya.

Sekarang bayangkan, bagaimana jadinya kalau satu halaman yang dibaca nggak ada satupun kata yang dimengerti?

Selain mudah, usahakan juga teks yang kamu baca sesuai dengan minat dan kesenanganmu. Misalnya kamu senang main gitar, kamu bisa baca komik yang menceritakan musik, atau kamu senang mendengarkan musik, kamu bisa mulai dengan membaca quotes lirik di media sosial.

As simple as that!

Jadi mulai lah dari yang paling mudah, jangan takut dan jangan gengsi karena memang harusnya seperti itu kok.

Siapkan buku catatan sebelum mulai membaca

Sebelum membaca, ada baiknya kamu menyiapkan buku catatan terlebih dahulu. Buku catatan ini nantinya akan membantumu dalam menambah vocabulary bahasa inggrismu.

Ingat kan, rahasia ini bertujuan untuk membuatmu dapat memahami bacaan sekaligus menambah vocabulary?

Nantinya, buku catatan ini akan digunakan untuk mencatat daftar kata atau frasa (phrase) bahkan kalimat yang nggak kamu mengerti. Saya jamin buku catatan ini akan sangat membantumu. Kalau perlu, kamu sediakan satu buku khusus untuk hal ini

Setelah kamu menyiapkan 7 hal di atas, sekarang kamu sudah siap untuk mulai kegiatan membaca teks bahasa inggris. Untuk itu, saya akan lanjut ke bagian kedua yaitu…

While reading

FOKUS

Saat kamu membaca teks bahasa inggris, kamu wajib menjaga fokusmu. Itulah kenapa saya menyarankan agar kamu memanfaatkan waktu terbaikmu untuk membaca, memilih bacaan dengan level yang paling rendah dan memilih tempat yang nyaman.

Semuanya bertujuan agar kamu bisa lebih fokus untuk membaca dan memahami bacaan tersebut tanpa memikirkan hal-hal yang lain.

Saya pernah membaca tiga halaman buku materi perkuliahan sampai habis tanpa memahami isinya sedikitpun. Alasannya gara-gara saya nggak fokus.

Jadi saya membaca tulisan namun pikiran saya memikirkan hal yang lainnya. Pada akhirnya apa yang saya baca hanya numpang lewat tanpa ada yang masuk di kepala.

Kalau perlu, kamu harus bisa fokus 100% pada bacaan yang ada di hadapanmu.

Baca saja dulu

Begitu mulai membaca, jangan tergoda untuk membuka kamus untuk mencari arti kata yang nggak kamu mengerti. Pokoknya begitu kamu membuka bacaan yang sudah kamu pilih, tugasmu hanya membacanya sampai selesai.

Jangan terganggu oleh hal-hal teknis seperti mencari arti kata maupun mencatat kata yang nggak kamu ketahui artinya.

Tapi kan rahasia ini bisa juga untuk menambah vocabulary, kalau nggak dicari gimana dong?

Itulah gunanya buku catatan yang kamu siapkan sebelumnya. Tapi sebelum mencatat di buku catatan, ada lagi yang harus kamu lakukan saat membaca, yaitu:

Tandai kata yang nggak kamu ketahui artinya lalu lanjutkan membaca

Selama membaca saya sarankan kamu untuk memegang pensil ataupun bolpoint, lebih bagus lagi stabilo.

Saat kamu membaca, begitu menemukan kata yang nggak kamu ketahui artinya langsung tandai saat itu juga.

Bisa dengan cara digaris bawahi, di kasih titik maupun diberi warna menggunakan stabilo. Apa saja yang penting kamu tahu kata tersebut adalah kata yang nggak kamu mengerti. Setelah itu lalu lanjut ke rahasia berikutnya:

Pecah paragraf yang sulit dimengerti menjadi beberapa kalimat kecil

Maksudnya begini, saat membaca besar kemungkinan kamu akan menemukan paragraf yang sama sekali nggak kamu mengerti maksudnya apa.

Ada kemungkinan kamu kesulitan menentukan subjek, predikat, dan objek yang ada di setiap kalimat dalam paragraf tersebut.

Untuk mengatasinya, pecah paragraf tersebut menjadi beberapa kalimat kecil dengan cara memberi tanda “]” di akhir kalimat.

Contohnya begini:

The Jakarta post is a daily English language newspaper in Indonesia.] The paper is owned by PT Niskala Media Tenggara and based at the nation’s capital, Jakarta.] The jakarta post was started as a collaboration between four Indonesian mediaI under the urging of information Minister Ali Murtopo and politician Jusuf Wanandi.]

source: wikipedia english

Dengan cara ini kamu punya empat kalimat pendek yang lebih mudah untuk dipahami. Tapi jangan mencari artinya sebelum kamu selesai membaca seluruh teks-nya.

Ingat, baca saja dulu teks-nya sampai selesai.

Membaca dalam hati atau membaca tanpa suara

Untuk kamu yang terbiasa membaca dengan keras, saya sarankan lebih baik belajar membaca dalam hati. Karena kamu bukan native speaker, maka saat kamu membaca teks bacaan yang sedang kamu baca dengan keras, sangat rawan terjadi kesalahan pengucapan.

Hal ini nantinya tentu akan mengganggu fokus dan bahkan bisa menghentikan kamu membaca. Pada akhirnya kamu bukan fokus membaca, namun malah fokus untuk membetulkan kesalahan pengucapanmu. Then you get nothing!

Sesuaikan kecepatan membaca dengan teks yang kamu baca

Saat membaca, kamu pasti menemukan bagian yang sangat mudah sampai yang sangat sulit dipahami.

Jika kamu terbiasa membaca cepat kapan saja, saya ingin sekarang kamu untuk menyesuaikan kecepatan membacamu apa yang kamu baca.

Misalnya kamu bisa membaca dengan cepat untuk bagian yang sangat mudah kamu pahami, dan membaca dengan pelan-pelan untuk bagian yang sangat sulit kamu pahami.

Dengan begitu kamu, dapat menyerap informasi dengan maksimal dari setiap bagiannya.

Temukan gagasan utama yang ada dalam setiap paragraf dan cari pokok pembahasan bacaan tersebut.

Untuk dapat memahami teks yang kamu baca, kamu harus bisa mencari gagasan utama setiap paragraf yang ada. Selain itu, kamu juga harus mencari pokok pembahasan bacaan tersebut.

Gagasan utama adalah inti dari setiap paragraf yang kamu baca, sedangkan pokok pembahasan adalah inti dari keseluruhan bacaan yang kamu baca.

Misalnya kamu membaca artikel tentang artis korea A yang menikah baru-baru ini. Kemungkinan besar pokok pembahasan artikel tersebut adalah pernikahan artis korea si “A” itu tadi

Sedangkan gagasan utama setiap paragrafnya mungkin terbagi menjadi beberapa bagian, contohnya:

  • paragraf pertama membahas tentang kedekatan kedua mempelai;
  • paragraf kedua membahas bagaimana saja mereka saat pacaran;
  • paragraf ketiga membahas tentang pernikahan mereka;

Dengan begitu kamu dapat memahami teks yang kamu baca secara menyeluruh. Untuk tahap awal, saya sarankan agar kamu mencari gagasan utama dan pokok pembahasan setelah selesai membaca teks-nya.

Karena yang paling penting dalam belajar membaca teks bahasa inggris untuk pemula adalah membiasakan diri dengan tulisan bahasa inggris.

7 rahasia di atas bisa kamu lakukan saat kamu membaca teks-nya, jadi kalau kamu merasa sulit, wajar karena sebenarnya saat dipraktekan, nggak sesulit itu kok.

After reading

Tulis kata dan kalimat yang sudah kamu tandai sebelumnya di dalam buku catatanmu

Masih ingat kan saya menyarankan kamu untuk menyiapkan buku catatan di awal dan menandai kata serta kalimat yang nggak kamu mengerti?

Setelah selesai membaca, sekarang waktunya memindahkan kata dan kalimat tersebut ke dalam buku catatanmu.

Buat berurutan dari yang paling awal sampai akhir. Usahakan tulis dengan format list agar masih ada ruang untuk menuliskan arti kata dan kalimatnya.

Contoh formatnya seperti ini:

Kata atau kalimat artinya
1. newspapaer majalah/koran
2.The Jakarta post is a daily English language newspaper in Indonesia. Jakarta post adalah majalah harian berbahasa inggris di Indonesia

Begitu terus sampai semua kata dan kalimat yang sudah kamu tandai pindah ke buku catatanmu. Selanjutnya…

Buat kalimat dan paragraf yang baru dengan menggunakan list tersebut

Sekarang buku catatanmu sudah penuh dengan daftar kata dan kalimat, untuk membuat kamu lebih mengerti lagi buatlah kalimat dan paragraf baru dengan list tersebut.

Kamu bisa membuat kalimat sederhana dari list kata-kata yang baru kamu temukan, dan membuat paragraf berisi dua sampai tiga kalimat.

Dengan begitu, vocabulary yang baru kamu ketahui akan lebih cepat kamu ingat dan lebih cepat kamu pahami lagi. Sehingga kedepannya, kamu nggak perlu sering-sering membuka kamus.

Uji pemahaman setelah membaca

Ini penting untuk dilakukan agar kamu tahu sejauh mana kamu dapat memahami teks yang sudah kamu baca.

Kamu bisa menguji pemahamanmu dengan cara membuat pertanyaan tentang teks yang sudah kamu baca menggunakan “WH- question”

contoh pertanyaannya:

  • apa yang disampaikan dalam teks tersebut?
  • Apa yang membuat hal yang ada di dalam teks terjadi?
  • Siapa tokoh yang diceritakan dalam teks?
  • Bagaimana caranya tokoh utama bertahan hidup?

Dan masih banyak lagi, sesuai dengan teks yang kamu baca. Terus begitu sampai kamu benar-benar yakin bahwa kamu sudah memahami semua informasi dari teks-nya.

Istirahat

Setelah membaca, sebaiknya kamu beristirahat dulu. Segarkan kembali pikiran dan mood dalam dirimu dengan hal-hal lain.

Nggak ada batasan waktu untuk istirahatmu, kamu bisa beristirahat selama mungkin sampai kamu merasa ingin mulai membaca lagi.

Namun saran saya, lebih baik buat jadwal membaca untuk menghindari perasaan malas yang datang terus menerus.

Kamu boleh istirahat tapi jangan sampai melupakan tujuan awalmu, ya kan? Take a break to refresh your self!

Baca ulang apa yang sudah kamu baca

Setelah istirahatmu selesai, buka kembali yang sudah kamu baca sebelumnya. Mulai lagi dari awal sampai akhir dengan benar. Jangan loncat-loncat apalagi skip beberapa paragraf.

Hal ini untuk menguji apakah pemahamanmu sudah baik, lalu untuk mencari tahu apakah kesulitan yang kamu alami saat pertama kali membaca teks tersebut kembali kamu alami lagi atau justru kamu nggak mengalami nya sama sekali.

Tulis ulang dengan bahasamu sendiri

Di tahap ini, kamu akan menulis ulang apa yang sudah kamu baca menggunakan bahasa mu sendiri. Artinya kamu menulis informasi yang kamu dapatkan tanpa melihat bacaannya lagi.

Apabila kamu dapat menyampaikan seluruh informasi yang kamu dapatkan, artinya kamu sudah benar-benar memahami teks yang sudah kamu baca.

Setelah mencapai tahap ini, kamu bisa mulai mengganti bacaan dengan level yang lebih sulit lagi.

Jadikan kebiasaan

Yang terakhir dan yang paling penting adalah, jadikan membaca sebagai kebiasaan. Karena jika kamu nggak mempunyai kebiasaan membaca, apa yang sudah kamu lakukan akan sia-sia.

Baca, baca, baca, baca terus dengan cara yang sama sampai kamu terbiasa dan akhirnya bisa memahami isi bacaan tanpa bantuan apapun lagi.

Artinya begitu kamu selesai membaca, kamu bisa langsung paham isi bacaan tersebut,

Selesai sudah saya menuliskan rahasia-rahasia untuk belajar membaca teks bahasa inggris dari awal sampai akhir, dari sangat sulit sampai mudah sekali, dari sangat malas sampai jadi kebiasaan.

Mungkin bukan hal yang mudah untuk dilakukan untuk pertama kali, tapi begitu kamu sudah dapat ritme dan alurnya, pasti mudah kok.

Kuncinya adalah sabar dan terus paksa dirimu untuk membaca, sampai kamu nggak merasa terpaksa sama sekali.

Ingat untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus mengorbankan sesuatu. Entah itu waktu yang kamu punya, atau rutinitas lain yang lebih kamu senangi. Namun jangan khawatir, karena apa yang kamu korbankan akan terbayar lunas.

Selanjutnya, untuk menunjang rutinitas membaca yang sudah kamu bangun. Saya akan membahas tentang teknik-teknik membaca dalam bahasa inggris yang bisa kamu praktekan.

Namun sebelum menerapkan teknik ini, ada baiknya jika kamu sudah terbiasa membaca teks bahasa inggris dulu. Jika kamu paksakan, hasilnya kamu akan semakin kebingungan dan merasa terbebani.

Just enjoy the process…

teknik membaca teks bahasa inggris

Dalam proses mendapatkan informasi dari teks, ada saat dimana kamu harus bisa mendapatkannya dalam waktu yang singkat, atau kamu harus mencari beberapa informasi penting di dalam teks-nya.

Seperti saat belajar untuk Ujian akhir semester maupun Ujian Nasional.

Selain itu, ada juga tuntutan untuk menyelesaikan bacaan dalam waktu tertentu, maupun memahami dengan benar keseluruhan teks bacaan tersebut.

Seperti untuk memahami materi pelajaran di dalam kelas atau saat kamu punya tugas membaca sebuah buku.

Untuk menunjang kebutuhan tersebut, ada teknik-teknik yang bisa kamu gunakan. Total keseluruhannya ada 6 teknik. Masing-masing punya manfaatnya, dan bisa kamu terapkan langsung.

Yang pertama adalah….

Skimming

Skamming adalah salah satu teknik membaca yang cukup populer di kalangan siswa dan mahasiswa. Dalam teknik ini kamu hanya membaca dengan cepat teks yang ada di hadapanmu, tanpa mempelajarinya dengan lebih detail.

Artinya kamu hanya mencari informasi-informasi penting yang bisa kamu dapatkan dalam sekali sapuan mata pada teks-nya.

Ini berguna saat menyontek kamu ingin mendapatkan informasi dengan cepat. Misalnya untuk mengetahui apa yang sedang tren di media sosial, kamu bisa menggunakan teknik ini.

Scanning

Scanning adalah teknik membaca untuk mencari informasi dalam bagian tertentu dari sebuah teks.

Misalnya kamu ingin mencari informasi tentang apa saja yang terjadi 10 menit terakhir sebelum kemerdekaan Indonesia, lalu kamu cari artikelnya di internet.

Karena tujuanmu hanya inti dari artikel tersebut, kemudian kamu mencari informasi tersebut di tengah-tengah artikel karena biasanya di awal hanyalah paragraf pembuka saja.

Dengan begini kamu jadi lebih cepat mendapatkan informasi tanpa harus membaca seluruh teks-nya.

Ekstensive reading

Ekstensive reading adalah proses membaca yang mementingkan kuantitias. Artinya, dalam ekstensive reading kamu hanya perlu memabaca teks bahasa inggris sebanyak mungkin.

Tanpa memperhatikan hal-hal kecil yang mengganggu seperti kata yang nggak kamu pahami dan nggak terlalu penting untuk membantumu memahami isi teks-nya.

Karena sebenarnya, meskipun kamu nggak mengetahui arti dari sebuah kata; kamu masih bisa mengerti maksud dari kalimat tersebut dengan memahami konteks-nya.

Extensive reading nggak memerlukan tenaga dan fokus yang besar karena hanya digunakan saat kamu membaca untuk hiburan semata.

Extensive reading cocok untuk digunakan membaca buku-buku ringan seperti novel remaja, komik atau majalah.

Intensive reading

Intensive reading berarti membaca sebuah teks secara keseluruhan untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin dari teks tersebut.

Bahkan dikatakan, dalam intensive reading, seseorang harus memahami setiap kata yang ada. Jadi informasi yang didapatkan benar-benar sesuai dengan teks-nya.

Intensive reading membutuhkan fokus dan energi yang besar, karena kamu harus memahami teks secara mendalam. Namun dengan menjadikannya kebiasaan, intensive reading pun bisa menjadi hal yang mudah dilakukan.

Dengan kata lain, dalam intensive reading kualitas teks sangat diperhatikan agar informasi yang kamu dapatkan juga berkualitas.

Intensive reading sangat cocok untuk digunakan membaca koran, artikel-artikel, cerita-cerita sejarah, dan blog post.

Kesalahan paling umum yang dilakukan orang Indonesia saat belajar membaca teks bahasa inggris

Untuk bagian ini, saya akan menyebutkan satu kesalahan paling umum dan yang paling fatal yang justru sering dilakukan orang-orang Indonesia.

Kesalahan tersebut adalah: mengartikan kata per kata yang ada di dlam teks.

Kadang buat orang yang baru belajar bahasa inggris, saat menemukan kalimat yang nggak dimengerti biasanya mereka akan mengartikan setiap kata yang ada di kalimat tersebut. Padahal hal tersebut justru akan semakin membingungkannya.

Misalnya kalimat:

the use of intensive farming can damage the environment.

Sebagian orang yang nggak mengerti kalimat tersebut mungkin mencari arti kata use, of, intensive, farming, can, damage, environment; kebanyakan setelah melakukan hal tersebut yang dihasilkan justru adalah keadaan yang membingungkan.

Membingungkan karena antara kata yang satu dengan yang lainnya nggak nyambung artinya. Padahal cukup tandai kata yang nggak diketahui, kemudian cari artinya di kamus. Setelah itu artikan satu kalimat penuh.

Selain lebih mudah, hal ini juga dapat membuat pikiranmu berpikir dalam bahasa inggris.

Secara singkat, yang harus kamu lakukan adalah: mencari bacaan yang sesuai dengan minat dan level kesulitan yang rendah, membacanya, kemdian mencatat kosakata baru, dan terakhir tulis ulang untuk menguji pemahamanmu.

Penutupan dari artikel panjang ini adalah membaca merupakan kegiatan penting, maka dari itu wajib dikuasai. Untuk menguasainya pun nggak bisa sembarangan, harus pelan-pelan dan bertahap.

Untuk para orang tua yang ingin mengajarakan anaknya membaca, saran saya jangan paksa anak untuk membaca namun lebih baik jika dampingi anak saat membaca. Kalau perlu ibu/bapak ikut membaca apa yang anak baca.

Sehingga pada akhirnya ibu/bapak bisa mengetes pemahaman anak dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan seputar yang dia baca.

Selalu ingat bahwa membaca teks bahasa inggris bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun mudah untuk diijadikan kebiasaan. Jadi mari biasakan membaca mulai saat ini.

refferensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Jakarta_Post

Previous

Subjek Dalam Bahasa Inggris Dan 7 Pertanyaan Umum Tentangnya

Panduan Lengkap Belajar Menulis Bahasa Inggris Untuk Pemula

Next

Tinggalkan komentar